Tumbuhan di Pulauku

Terdapat beragam tumbuhan di pulau ini. Beberapa jenis di antaranya dapat dijadikan minyak esensial yang amat banyak gunanya. Di bawah ini adalah beberapa tumbuhan kesukaanku beserta karakteristik dan manfaatnya. :)

Lavender (Lavandula angustifolia)

Lavender berbau manis, floral, sangat herbal, dan sedikit seperti balsam.
Minyak esensial lavender adalah satu minyak yang paling aman dan memiliki daya antiseptik, antivirus, dan antijamur yang kuat. Pijat atau mandi dengan lavender dapat meningkatkan imunitas.

Kayu Manis (Cinnamomum zeylanicum)

Kayu manis memiliki wangi yang manis dan hangat. Minyak asiri dari kayu manis merupakan stimulan emosional dan fisik yang dapat menstimulasi badan dan jiwa. Selain itu, bersifat sebagai antidepresan juga. Dapat menimbulkan suasana hangat dalam ruangan. Mengurangi nyeri sendi dan meringankan kram ketika menstruasi.


Kenanga (Cananga odorata)

Baunya harum, floral. Sangat kuat dalam merelaksasi badan dan pikiran, menurunkan tekanan darah, berlaku sebgai antidepresan, dan bersifat afrodisiak. Dapat digunakan untuk mandi dan pijat penderita insomnia. Dapat menimbulkan rasa mual dan pusing jika dalam kadar tinggi.


Mawar (Rosa damascena)

Minyak esensial mawar adalah asiri termahal. Baunya intensif, manis, dan floral. Dapat meremajakan kulit, antiseptik, antiradang, antidepresan, sedatif, dan meringankan stres.


Panili (Vanila planifolia)

Panili termasuk jenis anggrek tropis. Sarinya berupa larutan kental berwarna cokelat hitam. Baunya manis menyerupai madu. Daya penyembuhnya ada pada bau, bersifat emosional, menimbulkan perasaan bahagia.


Cendana (Santalum album)

Cendana sudah digunakan sejak 2000 tahun lalu. Yang berkualitas bagus adalah yang berasal dari Indonesia dan Australia. Berbau lembut, hangat, woody, dan balsamic.
Cendana merupakan minyak utama dalam pengobatan India (ayurvedic medicine). Menenangkan saraf, antibakteri.

Nah, itu beberapa tumbuhan kesukaanku. Lain kali akan lebih banyak lagi tumbuhan yang kubahas. :)

0 komentar: